oleh

Tentang Rencana Laga Juventus vs AC Milan yang akan Digelar di Arab Saudi

PLESBOL.COM – Pertandingan antara Juventus melawan AC Milan, dalam ajang Piala Super Italia 2018 rencana akan digelar di Arab Saudi. Akan tetapi beberapa pihak meminta, keputusan ini dipikirkan kembali oleh kedua pihak, karena melihat situasi Arab sendiri yang masih rentan sejak kasus tewasnya salah satu jurnalis terkenal setempat, yaitu Jamal Khashoggi.

Awalnya memang seperti yang sudah direncanakan, bahwa laga antara Il Bianconeri dengan Il Rossoneri ini akan diselenggarakan di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, pada tanggal 12-16 Januari 2019. Hal ini terjadi karena Arab Saudi sendiri belum lama ini telah membuat kesepakatan dengan Liga Italia, pada bulan Juni lalu, yang membuat mereka akan menjadi tuan rumah penyelenggara Pial Super Italia dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.

Akan tetapi, menurut apa yang sudah diberitakan oleh Calciomercato, beberapa pihak ada juga yang menyarankan bahwa sebaiknya pertandingan antara Juventus melawan AC Milan ini, tak diselenggarakan di Negeri Jazirah Arab tersebut. Ini dikarenakan cukup mengkhawatirkan bagi kemanan para pemain, karena disana sendiri masih belum begitu kondusif suasananya semenjak insiden yang belakangan ini cukup menarik perhatian dunia.

Kasus tersebut adalah, tewasnya salah satu jurnalis yang merupakan seorang Kolumnis dari Washington Post, yang bernama Jamal Khashoggi, yang membuat banyak orang menyarankan laga itu sebaiknya sementara dialihkan dan tak digelar di Arab Saudi.

Tentang Rencana Laga Juventus vs AC Milan yang akan Digelar di Arab Saudi

Khashoggi sendiri tewas tepat di konsulat Arab Saudi di kota Istanbul Turki, pada tanggal 2 Oktober yang lalu, penyebab tewasnya Khashoggi ini diduga karena dibunuh. Yang menjadi kasus ini sangat menghebohkan dunia adalah, sang Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, yaitu Pangeran Mohammed bin Salman yang juga diduga terlibat dalam kasus tersebut. Dugaan ini berdasarkan sikap Khashoggi sendiri yang sangat sering mengkritik pemerintahan Arab di bawah kepemimpinan sang Putra Mahkota.

Baca Juga :  Berita Dari Inter Milan - Keita Kembali Ke Roma

Demi mengecam kasus pelanggaran HAM yang sangat berat itu, salah satu mantan menteri olahraga Italia, yaitu Luca Lotti, meminta pertandingan antara Juventus vs AC Milan sebaiknya tidak digelar disana. Dirinya meminta bahwa Italia juga bisa menjunjung tinggi HAM melalui media Olahraga.

“Berita yang cukup menakutkan tentang kematian mengerikan seorang wartawan yang bernama Khashoggi membuat saya kaget. Masyarakat sipil Internasional tentu harus membuat suara mereka terdengar, dalam semua tingkatan”, tulis Lotti di akun Facebook resminya.

“Menurut saya, dunia olahraga Italia tidak bisa dan tidak boleg untuk menahan diri terkait masalah ini. Keputusan menggelar laga Juventus melawan AC Milan di Arab Saudi tentu saja harus segera dibatalkan. Karena apa yang terjadi di konsulat Arab Saudi, di kota Istanbul tentu tak bisa didiamkan begitu saja”, lanjut Lotti.

“Sebagai anggota parlemen, dan juga sebagai mantan menteri olahraga dan juga tentunya sebagai warga negara Italia, saya kana mengajukan banding kepada pihak Lega Calcio untuk meminta mereka mempertimbangkan kembali keputusan mereka untuk memainkan pertandingan Juventus vs Milan di Arab Saudi, serta saya juga mengundang kepada para pemerintah untuk segera melakukan segala upaya mencegah sepakbola Italia terlibat dalam hal penolakan nilai-nilai HAM”, pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru